Jenis dan Daftar Harga Geotextile Terbaru

Profil Distributor Geotextile Indonesia

Saat ini pembangunan infrastruktur jalan tengah gencar dilakukan. Kebutuhan akan geotextile akhirnya meningkat. Para kontraktor akan mencari harga geotextile yang bersaing, dengan kualitas terjamin.
Geotextile sendiri adalah sebuah lembaran sintesis berbentuk tipis, sifatnya fleksibel dan permeable. Geotextile ini digunakan sebagai stabilisasi tanah. Pemanfaatan geotekstil adalah cara moderen untuk menguatkan permukaan tanah yang lunak.

Jenis Geotextile dan Info Harga Geotextile Terbaru Saat ini

Berdasarkan bahannya, geotextile terbagi dalam 2 jenis. Jenis bahan ini akan memperngaruhi harga geotextile. Berikut 2 jenis bahan tersebut :

Jenis Bahan Geotextile NonWoven

Jenis geotextile ini bentuknya lembaran tanpa anyaman (non woven). Geotextile ini terbuat dari material serat-serat polymer dengan bahan dasar polypropylene atau polyester. Geotextile jenis Non Woven ini biasanya dimanfaatkan untuk pemisah (separator), drainase, proteksi, bagian penguatan, filter, pengontrol erosi, dan fungsi lainnya.

Sebagai separator, jenis non woven ini mampu memisahkan material tanah. Misalnya pada pembangunan jalan, saat tanah dasarannya berlumpur, dengan dipasangkan geotextile jenis ini, lumpur tidak akan naik keatas, ke bagian pengerasan.

Sebagai filter, jenis non woven sifatnya tembus air. Jadi saat bahan ini dilewati air, airnya akan tembus tapi material tanah yang terbawa bersamanya tidak akan tembus dan akan tersaring.

Pengaplikasiannya biasanya digunakan sebagai konstruksi jalur kereta api, area parkir, konstruksi jalan raya, reklamasi, coastal breakwater dan lain sebagainya.

Geotextile Non Woven ini tarik yang cukup kuat. Ketahanannya terhadap temperatur, cuaca, suhu, bahan kimia, dan mikroorganisme juga cukup tinggi.

Geotextile jenis Non Woven ini biasanya dibuat dalam beberapa tipe. Harga geotextile jenis non woven tiap tipenya berbeda. Tipenya biasanya dibedakan dalam berat jenis dan kekuatan tarik. Dalam prakteknya, saat memilih jenis geotextile ini, akan mempertimbangkan kondisi tanah dasaran, fungsi dari pemasangan dan juga perencanaan beban yang akan menimpanya.

Profil Distributor Geotextile Indonesia

Jenis Bahan Geotextile Woven

Geotextile jenis woven berbentuk anyaman. Bentuk anyamannya seperti terpal atau karung beras. Materialnya terbuat dari silt film tape polypropylene. Dengan material pembentuknya, daya tariknya bisa lebih maksimal dengan berat tahan yang lebih minim.

Ada beberapa kelebihan dari jenis bahan woven dibandingkan non woven. Harga geotextile woven juga dianggap lebih ekonomis karena tingkat keamanan yang dihasilkan oleh bahan ini benar-benar maksimal.

Baca Juga :

Beberapa keunggulan dari jenis woven diantaranya adalah material pembentuknya yang mengandung carbon black. Carbon black ini berfungsi sebagai sebagai uv stabilizer sehingga ketahanannya bisa cukup lama meski sudah ditimbun oleh vegetasi.

Geotextile Woven juga memiliki bentuk permukaan yang unik karena berupa anyaman. Bentuk ini ternyata memberi keuntungan pada koefisien geser yang lebih besar saat dipasang, bahkan saat dipasang pada tanah kohesif.

Bentuk ini juga mempengaruhi panjang penjangkaran. Semakin kasar permukaan geotextile yang digunakan sebagai pelapis, panjang penjangkarannnya malah akan semakin pendek. Jenis woven karena bentuknya seperti anyaman, tentu saja lebih kasar. Hal ini akhirnya memberi keuntungan ekonomi dalam pengurangan penjangkaran.

Struktur anyaman geotextile woven juga cukup kekar jadi tidak akan mudah untuk koyak maupun robek saat pemasangan.

Mengetahui Harga Geotextile dari Kedua Jenisnya

Harga geotextile tentu berbeda. Yang membedakan biasanya adalah jenis bahannya (woven – non woven) dan berat jenisnya. Umumnya, untuk mengetahui harganya, kontraktor akan melakukan konsultasi pada supplier geotextile terpercaya. Mempresentasikan kebutuhan pembangunan, dan oleh pihak supplier akan diberikan rekomendasi berikut harganya.

Pastikan untuk bertransaksi dengan supplier geotextile yang terpercaya. Bukan hanya sekedar memberikan janji-janji. Pastikan harganya masuk akal, dengan kualitas bahan maksimal.

Geotextile merupakan salah satu bahan geosintetik yang terdiri dari bahan lulus air. Sedangkan geosintetik merupakan material yang paling sering digunakan untuk bahan konstruksi. Geotekstil sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu geotekstil yang terdiri dari anyaman (woven) dan geotekstil yang tidak ada anyaman (non woven). Penggunaan geotekstil umumnya digunakan dalam konstruksi pembangunan jalan di tanah lunak atau tanah gambut.

Geotextile woven merupakan salah satu jenis geotekstil yang berupa lembaran anyaman dengan teknik pembuatan menyerupai teknik menganyam pakaian. Geotekstil woven umumnya terbuat dari Polyprophylene (PP) dan ada juga yang terbuat dari Polyester (PET). Geotekstil jenis ini memberikan daya tarik yang kuat pada berat tahan minimal.

Kami selaku perusahaan geotekstil menyediakan aneka macam bahan konstruksi, salah satunya adalah geotekstil woven. Berbagai macam gaya kami sediakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan konstruksi Anda. Selain itu kami menawarkan berbagai macam geotekstil woven bersertifikat AASHTO/NTPEP yang dapat menyesuaikan kebutuhan spesifik proyek konstruksi Anda.

Bahan Berkualitas

Meski terlihat hampir seperti karung goni, tapi geotekstil woven sangat berbeda dan tampilannya berwarna hitam. Geotekstil woven terbuat dari susunan anyaman yang kuat (double twist) yang dapat menanggung desakan 40kN/m waktu pakai sebagai separator. Hal ini membuat geotekstil woven menjadi tahan koyak dan lebih awet saat dipasang pada proyek konstruksi.

Jual Geotextile Woven untuk Konstruksi Tanah Lunak

Hal ini sangat penting untuk pemasangan di tanah yang lunak. Karena jika digunakan geotekstil jenis lain yang mudah koyak, maka material pemisah yang sudah koyak menyebabkan fungsi separator menjadi terganggu.

Geotekstil woven memiliki kandungan.karbon black yang berfungsi sebagai UV stabilisator. Sehingga membuat geotekstil woven tahan akan gradasi sinar ultraviolet. Penggunaannya dapat memberikan ketahanan yang cukup lama dan dapat ditimbun oleh berbagai macam vegetasi tanaman hingga jangka waktu yang lama. Selain itu, geotekstil wovem juga dapat tahan dari sinar UV dalam jangka waktu yang lama.

Bentuk permukaan geotekstil woven berbeda karena terdiri dari anyaman bahan berkialitas tinggi. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri saat pemasangan geotekstil. Koefisien geser (pull out resistence) menjadi besar, meskipun geotekstil woven dipasang pada tanah yang kohesif.

Bentuk permukaan geotekstil juga berpengaruh pada penjangkaran. Semakin kasar permukaan, maka semakin pendek penjangkarannya, begitupun sebaliknya. Sehingga menggunakan geotekstil woven akan memberikan manfaat ekonomi yang signifikan.

Ada beberapa merek geotekstil woven yang sering digunakan untuk berbagai macam proyek dan asli dibuat lokal Indonesia. Merek tersebut di antaranya, Multitex (Seri M), HaTe Reinfox (Seri HRX), G-Tex, dan GKTex.

Keunggulan Geotextil Woven

Geotekstil woven terbuat dari bahan serat sintesis kualitas tinggi untuk mengatasi perbaikan jalan, terutama di jalan dengan tekstur tanah lunak. Menggunakan geotekstil woven bisa dilakukan untuk menanggulangi dan memperbaiki jalan di tanah gambut ataupun berawa dengan efektif dan efisien.

Fungsi utama penggunaan geotekstil woven adalah untuk stabilisator pada tanah lunak. Hal ini dikarenakan geotekstil woven memiliki tensile strenght (daya tarik) dua kali lebih kuat dibanding dengan geotekstil non woven.  Dari hasil penelitian dihasilkan tensile strenght geotekstil woven dua kali lebih besar  dari geotekstil non woven untuk gramasi atau berat per m2 yang sama.

Kekuatan daya tarik geotekstil woven memberikan stabilitas dimensi yang tinggi. Sehingga dapat memberikan berbagai macam manfaat yang dapat menguntungkan dari sisi ekonomi. Selain biaya pembuatan menjadi lebih hemat, waktu pembuatan juga relatif lebih singkat. Hal ini dikarenakan pemasangan geotekstil woven yang cukup mudah dan lebih sedikit membutuhkan agregat dan mengurangi ketebalan jalan.

Berbagai macam pengerjaan konstruksi jalan bisa dilakukan dengan pemasangan geotekstil woven. Selain di jalan dengan tanag lunak, Anda bisa nelakukan pemasangan geotekstil woven pada daerah pantai dan jalur kereta api.

Berbagai macam geotextil woven berkualitas tinggi kami tawarkan dengan harga yang cukup terjangkau dan kualitas terbaik. Anda bisa menghubungi kontak kami untuk mendapatkan penawaran dan tips mendapakan cara pemasangan yang lebih maksimal.

TOP